Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

MASYARAKAT SEHAT untuk Desa Cibodas Bersinar melalui Pemeriksaan Kesehatan Berkala Bersama Kemenkes

MASYARAKAT SEHAT untuk Desa Cibodas Bersinar melalui Pemeriksaan Kesehatan Berkala Bersama Kemenkes

Cibodas (13/09), Pemeriksaan Kesehatan Berkala merupakan suatu program rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebagai program untuk menunjang kesehatan masyarakat. Program pemeriksaan kesehatan berkala ini menjadi agenda rutin pemerintah dalam memberikan fasilitas kesehatan di lingkungan masyarakat. Adanya pemeriksaan berkala ini sebagai langkah awal pemerintah dalam mewujudkan salah satu agenda Social Development Goals (SDG’s)  yakni di bidang kesehatan. Langkah antisipasi sangatlah penting dilakukan pemerintah guna mendeteksi penyakit yang di derita masyarakat agar tidak menjadi parah dan dapat dicegah sedini mungkin.

Berlokasi di Kp. Ciseureuh RT 006 Desa Cibodas diselenggarakan pemeriksaan rutin bersama Kemenkes RI. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Posyandu Desa Cibodas dalam memberikan layanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat. Dengan beranggotakan tenaga kesehatan yang terdiri dari 5 orang tenaga dari Kemenkes dan bantuan tenaga 2 orang dari pihak Posyandu Desa Cibodas yang didukung 2 orang Praja IPDN, masyarakat RT 006 Desa Cibodas dapat secara signifikan dilakukan pendataan kesehatan secara mendetail. Masyarakat yang hadir dalam pemeriksaan ini juga sangat antusias untuk memeriksakan diri serta membawa anak-anak mereka untuk mendapatkan layanan kesehatan tanpa biaya dari Kemenkes RI ini.
“Saya bersama masyarakat RT 006 yang sudah dilakukan pendataan sangat berterima kasih kepada pihak Kemenkes RI serta tenaga pendukung yang hadir dan telah membantu melancarkan pemeriksaan kesehatan rutin ini.  Besar harapan saya melalui kegiatan ini mampu memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat kami”, ujar Dasiman selaku Ketua RT 006 .

Rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Kemenkes terdiri dari beberapa rangkaian pemeriksaan, diantaranya :
1.    Pemeriksaan Kolesterol,
2.    Pemeriksaan Gula Darah (Diabetes),
3.    Pemeriksaan Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB), dan
4.    Pemeriksaan dan Cek Tekanan Darah.

Kedepannya pemeriksaan ini akan tetap dilakukan secara berkala untuk mendukung dan menunjang layanan kesehatan bagi masyarakat setempat agar penyakit di lingkungan masyarakat dapat dideteksi sedini mungkin. Kedatangan tenaga kesehatan dari Kemenkes RI ini disambut gembira oleh Kepala Desa Cibodas Darsih Susilawati dan mendukung penuh terhadap kegiatan pemeriksaan ini. Kepala Desa berharap agar pemeriksaan ini rutin dilaksanakan dan menyasar seluruh lingkup masyarakat di Desa Cibodas agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang merata untuk mewujudkan Desa Cibodas Bersinar.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *